• BLOGGING HEALTHY REMAINED

Ciri-ciri Penyakit Leukimia

 

Ciri-ciri Penyakit Leukimia,penyakit leukimia,pengobatan leukimia,
penyakit leukimia

Ciri-ciri Penyakit Leukimia:Fakta menunjukkan pada tahun 2000 ada sekitar 256.000 orang termasuk anak-anak dan dewasa yang menderita penyakit sejenis penyakit leukimia dan berjumlah 209.000 di antaranya meninggal akibat penyakit tersebut. 90% dari jumlah tersebut adalah orang dewasa.

Sel tak normal atau abnormal menggantikan posisi sel normal di dalam sumsum tulang. Sel abnormal ini bisa keluar dari sumsum dan dapat dilihat di dalam darah tepi / perifer. Nah, sel leukimia ini bisa memengaruhi proses pembentukan sel darah yang normal serta sistem imun tubuh penderita penyakitleukimia tersebut.

Leukimia berasal dari bahasa Yunani disebut ‘leukos’ yang artinya putih dan ‘aima’ yang berarti darah dan lebih dikenal sebagai kanker darah dan termasuk dalam klasifikasi penyakit kanker pada sumsum tulang atau darah yang ditandai dengan sel-sel pembentuk darah yang memiliki perbanyakan yang tidak normal atau transformasi maligna pada sumsum tulang atau jaringan limfoid, biasanya terjadi pada sel darah putih atau leukositPada penderita leukimia akan ditemukan sel darah putih yang banyak sebelum diterapi. Sel darah putih yang kelihatan adalah sel yang muda disebut promielosit yang apabila jumlahnya semakin tinggi akan menyebabkan gangguan fungsi normal pada sel tersebut.
Ciri-ciri Penyakit Leukimia & Gejala Leukimia
erikut beberapa ciri-ciri penyakit Leukimia dan gejala leukimia yang mesti diketahui agar waspada:
·  Perhatikan frekuensi rasa sakit kepala atau tiba-tiba bingung karena produksi sel darah putih yang meningkat dapat menyerang sistem syaraf pusat.
·  Pada anak-anak bisa timbul gejala sering berdarah, mimisan dan timbul lebam-lebam di beberapa bagian tubuhnya. Ini adalah gejala paling umum yang bisa dilihat pada anak-anak yang menderita leukimia. Selain itu pada bagian tubuhnya juga akan muncul bintik-bintik merah yang terkait dengan pembengkakan hati dan limpa.
·  Wajah kita menjadi pucat. Kecerahan dan kebinaran wajah kita menjadi berkurang merupakan gejala umum penyakit leukimia. Produksi sel darah putih yang mengalami peningkatan yang tidak normal akan mendesak sel darah merah kita sehingga kita menjadi kekurangan darah merah.
 Leukimia bisa mengakibatkan kita merasa lelah berkepanjangan, karena sel-sel darah putih yang diproduksi dalam jumlah yang meningkat bisa mengakibatkan energi yang besar dari tubub diserap olehnya.
· Berat badan kita terus-menerus merosot. Padahal konsumsi makanan kita seperti biasanya tetapi tetap saja berat badan menurun. Leukimia mengakibatkan berat badan berkurang karena produksi sel darah putih yang meningkat bisa menyerap kalori dari tubuh kita.
Segera periksa kelenjar getah bening kita. Caranya adalah dengan merasakan sesuatu di tenggorokan atas kita atau di bawah ketiak kita apakah ada benjolan atau semacam pembengkakan di sana? Salah satu gejala utama penyakit getah bening adalah pembengkakak kelenjar getah bening.
Coba ingat apakah kita pernah terkena infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Sel-sel darah putih memang melindungi kita terhadap infeksi karena dia berperan sebagai anti-bodi tetapi kalau seseorang menderita leukimia maka produksi sel darah putihnya akan tidak sempurna dan tidak mampu melindungi tubuh.
Kita bisa memeriksa limpa kita dengan cara berbaring di tempat tidur yakni dengan meletakkan telapak tangan kita pada perut sebelah kiri dan di bawah tulang rusuk dan rasakan ada benjolan-benjola kecil di sana.
Apakah kita sering mengeluarkan keringat pada malam hari yang disertai nyeri pada tulang dan perut dan diikuti oleh mual / kembung. Hal tersebut adalah gejala penyakit leukimia juga.Jika sudah terlihat Ciri-ciri PenyakitLeukimia.
Penanganan yang cepat dan tepat mampu mengurangi resiko fatal dari penyakit leukimia,segera merujuk ke dokter spesialis atau rumah sakit untuk konsultasi cara mengatasi dan mengobati penyakit leukemia.

ARTIKEL TERKAIT


Ciri-ciri Penyakit Leukimia 4.5 5 littleBrother beberapa ciri-ciri penyakit Leukimia dan gejala leukimia yang mesti diketahui agar waspada: Ciri-ciri Penyakit Leukimia,penyakit leukimia,pengobatan leukimia, Ciri-ciri Penyakit Leukimia :Fakta menunjukkan pada tahun...


Powered by Blogger.
Lucu Online