• BLOGGING HEALTHY REMAINED

AKTIFITAS YANG MERUSAK MATA

 

kesehtan,kesehatan mata,mata sehat,menjaga mata sehat,melindungi mata,berkendara dan mata

BAHAYA MEROKOK
Tak bisa dibayangkan kalau manusia hidup tanpa memiliki mata, bagaimana ia bisa menulis, memandangi indahnya pegunungan, atau hanya sekadar untuk membedakan warna.Menjaga mata dengan baik sudah seharusnya. Namun gaya hidup, budaya kerja, kebiasaan makan, lingkungan yang tercemar dan sikap terhadap diri sendiri seringkali justru membahayakan mata.Beberapa kegiatan juga secara langsung mengganggu kesehatan mata.
Kerusakan pandangan mata merupakan salah satu hal yang mungkin dialami pada usia muda jika tidak dijaga dengan baik. Beberapa hal yang merusak kesehatan mata :

1. Merokok


Secara keseluruhan merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan,secara langsung dapat merusak pandangan mata.Zat kimia yang terdapat pada rokok dapat merusak sensifitas yang terdapat di retina mata,dan membunuh sel-sel macula sehingga kerusakan pada mata semakin parah.


2. Mengerutkan mata

Terkadang tanpa sadar kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada mata, misalnya saat bekerja di depan komputer, menonton TV, bermain video game, dan membaca selama berjam-jam. Tekanan berlebihan ini membuat otot-otot di sekitar mata mengalami kerusakan. Pada akhirnya, penglihatan pun akan mengalami gangguan. 

3. Sinar ultraviolet (UV)

beraktifitas dibawah sinar matahari langsung dan mendapat paparan sinar ultraviolet juga akan merusak pandangan mata.Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata.Pancaran yang berlebihan dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet dapat meningkatkan resiko terkena katarak karena kerusakan yang terjadi di kornea dan lensa mata.


4. Tekanan darah tinggi


Tekanan darah tinggi darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati. Kondisi ini merusak pembuluh darah di retina, yaitu daerah di belakang mata yang berfungsi untuk memfokuskan gambar. Mulailah hidup sehat dengan pola makan dan olahraga secara teratur untuk mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi.

5. Diabetes
Pasien dengan diabetes, lebih mungkin untuk terkena beberapa penyakit mata seperti glaukoma. Kondisi ini disebut juga sebagai retinopati diabetes, yaitu di mana retina mengalami kerusakan parah. Saat ini, glaukoma merupakan penyebab utama kebutaan dan penglihatan yang kabur.

6. Alkohol

konsumsi  alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Hal itu dapat menyebabkan masalah pada penglihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Efek dari mengonsumsi alkohol berlebihan antara lain penurunan kinerja visual, reaksi pupil melambat, sering migrain, mata kemerahan, dan penurunan sensitivitas kontras.

7. Diet yang tidak sehat

Hindari diet yang tidak sehat seperti mengurangi pola makan secara tiba-tiba.Asupan makanan yang tidak seimbang menjadikan tubuh menjadi kehilangan keseimbangan untuk menghasilkan energy yang diperlukan oleh tubuh.Diet bisa dilakukan dengan cara menurunkan pola makanan secara teratur serta diikuti denga olahraga secara teratur.Mata merupakan organ yang harus dijaga keseimbangan gizinya.



8. Menggunakan komputer


Komputer saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan, baik untuk bekerja maupun untuk belajar. Namun masalahnya adalah kita tidak tahu batas kemampuan tubuh untuk beraktivitas di depannya. Setiap harinya, kita melihat layar komputer selama lebih dari 5-6 jam dan kadang-kadang tidak memberikan jeda istirahat untuk mata. Bahkan tanpa sadar, selama bekerja kita bahkan lupa untuk berkedip. Hal seperti ini menyebabkan ketegangan mata, kelelahan mata, iritasi, kurangnya kepekaan terhadap cahaya, iritasi mata, dan penglihatan ganda.

AKTIFITAS YANG MERUSAK MATA 4.5 5 littleBrother kesehtan,kesehatan mata,mata sehat,menjaga mata sehat,melindungi mata,berkendara dan mata Tak bisa dibayangkan kalau manusia hidup ...


Powered by Blogger.
Lucu Online